Pusat Grosir Bibit Tanaman

Grosir Bibit Bambu Kultur Jaringan

Grosir Bibit Bambu Kultur Jaringan

By on Feb 16, 2018 in Bibit, Bibit Pohon |

Apakah masih ada yang belum kenal dengan pohon bambu? Kita bisa melihatnya dimana-mana di Indonesia. Bahkan bambu memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia bahkan makhluk hidup lainnya. Tanaman bambu memiliki prospek industri bambu sangat menjanjikan dimana saat ini pemanfaatan bambu tidak lagi terbatas pada kerajinan tangan dan industri kecil lainnya.

Bibit Bambu Kultur Jaringan

Tanaman bambu berpotensi menjadi solusi alternatif bagi sejumlah permasalahan lingkungan terutama dalam mengatasi pemanasan global. Cepatnya pertumbuhan bambu dibanding dengan pohon kayu, membuat bambu dapat diunggulkan untuk menyelamatkan deforestasi.

Selain itu bambu juga merupakan penghasil oksigen paling besar dibanding pohon lainnya. Bambu juga memiliki daya serap karbon yang cukup tinggi untuk mengatasi persoalan CO2 di udara, selain juga merupakan tanaman yang cukup baik untuk memperbaiki lahan kritis. Tanaman bambu juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah longsor. Sebab bambu akan membentuk rumpun, bukan merupakan tanaman tunggal seperti halnya Albisia.

Akar bambu juga merupakan akar serabut yang tumbuh sangat rapat. Akar bambu yang mati karena tanamannya telah ditebang, akan tetap membentuk serabut, hingga tanah itu menjadi sangat gembur dan menyerap air dengan sangat cepat.

Keuntungan Kultur Jaringan

Banyak sekali keuntungan dari kultur jaringan diantaranya adalah:

  1. Pengadaan bibit tidak tergantung musim
  2. Bibit dapat diproduksi dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif lebih cepat (dari satu mata tunas yang sudah respon dalam 1 tahun dapat dihasilkan minimal 10.000 planlet/bibit)
  3. Bibit yang dihasilkan seragam
  4. Bibit yang dihasilkan bebas penyakit (menggunakan organ tertentu)
  5. Biaya pengangkutan bibit relatif lebih murah dan mudah
  6. Dalam proses pembibitan bebas dari gangguan hama, penyakit, dan deraan lingkungan lainnya
  7. Dapat diperoleh sifat-sifat yang dikehendaki
  8. Metabolit sekunder tanaman segera didapat tanpa perlu menunggu tanaman dewasa

Gambar Bibit Bambu Kultur Jaringan

Contoh Kultur Jaringan

Kultur jaringan atau kultur sel adalah cara menumbuhkan sel atau jaringan tanaman dalam media khusus secara aseptik atau steeril tidak boleh terkontaminasi dari luar.

Contoh dari tanaman yang sudah berhasil dikembangbiakan dengan teknologi kultur jaringan antara lain :
  1. anggrek cattleya
  2. pisang abaka
  3. kelapa sawit
  4. jati mas
  5. pisang lampung.