Pusat Grosir Bibit Tanaman

Jual Bibit Pohon Akasia Daun Lebar Harga Murah

Jual Bibit Pohon Akasia Daun Lebar Harga Murah

By on Feb 5, 2018 in Bibit, Bibit Pohon |

Pohon Akasia merupakan tumbuhan dari keluarga Fabaceae yang merupakan genus Acacia. Pohon ini memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan dalam kehidupan kita. Contohnya sebagai bahan dalam industri parfum, pohonnya sebagai bahan perabotan rumah tangga, akarrnya sebagai bahan obat obatan,dan juga Akasia banyak digunakan di bidang kedokteran.

Pohon Akasia Daun Lebar

Pohon akasia merupakan jenis pohon asli yang berasal dari Amerika Utara. Pohon akasia banyak ditanam di tepi jalan karena memiliki daun yang bisa membuat jalan menjadi teduh. Batang dari pohon-pohon akasia lebih mudah rapuh sehingga bisa membahayakan pengguna jalan. Makanya mungkin kita jarang melihat pohon akasia karena pohon akasia digantikan dengan jenis pohon lain sebagai pohon peneduh. Pohon Akasia merupakan pohon yang indah.

Pohon Akasia memiliki bentuk daun yang menyirip dengan sedikit duri pada setiap bagian batangnya. Ada banyak jenis pohon akasia dan selalu memiliki karakter yang unik. Pohon ini memiliki bentuk bunga yang bagus dengan kelompok khusus dengan beraneka warna seperti putih, kuning dan ungu.

Pohon Akasia bisa tumbuh dari daerah yang kering dan panas. Pohon akasia memang memiliki bentuk yang unik karena setiap batangnya memiliki tempat khusus yang biasanya digunakan oleh semut. Akasia dianggap sebagai salah satu marga terbesar pohon semak dengan lebih dari 800 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Harga Jual Pohon Akasia Daun Lebar

Pohon Aksia mulai mendapat tempat di hati para pengguna furniture, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Meskipun belum sepopuler kayu mahoni dan kayu jenis rimba lainnya, kayu Akasia berpotensi komersil tinggi. Mulanya pohon Akasia sebagian besar digunakan untuk konsumsi pabrik kertas.

Terdapat banyak hutan khusus untuk pabrik kertas sehingga pohon yang baru berumur 3-5 tahun pun (diameter 15-20cm) sudah bisa ditebang. Akhir-akhir ini popularitas kayu Akasia sebagai bahan baku furniture semakin meningkat sehingga kebutuhan pohon Akasia dengan umur di atas 5 tahun semakin tinggi. Harga untuk kualitas ekspor dalam bentuk papan E2E maupun S4S mencapai angka USD 500-800/m3.

Manfaat Pohon Akasia Daun Lebar

Sudah sejak dari abad ke 16 tanaman Akasia telah terkenal dapat mengobati berbagai penyakit. Sejak itu telah dijadikan kedalam kelompok tanaman obat herbal. Beberapa manfaat daun akasia bagi manusia yaitu sebagai berikut:

  1. Ekstrak alami untuk pembuatan parfum
  2. Mengatasi ejakulasi dini
  3. Menstabilkan kadar gula darah
  4. Untuk hiasan
  5. Utuk peneduh dipinggir jalan

Ciri-Ciri Pohon Akasia

Pohon Akasia memiliki daun yang menyirip dengan struktur daun yang bervariasi sesuai dengan jenis spesiesnya, Tumbuhan ini biasanya tumbuh dan hidup berkelompok, dengan warna bunga yang bervariasi sesuai dengan jenisnya, diantaranya adalah warna putih, ungu dan kuning pucat.
Bagian kelopaknya biasanya berukuran kecil dan sulit untuk di indentifikasi karena tersembunyi di antara benang sari yang panjang, tumbuhan ini memiliki duru yang terdapat pada seluruh cabang, ini di karena-kan cara mereka beradaptasi dengan mereka tumbuh di iklim panas dan kering.
Pohon ini tumbuh baik di daerah ber-iklim tropis. Perkecambahan benih akasia sangat sulit. menurut informasi tumbuhan ini sangat simbiosis dengan semut, simbiosis ini sebagian besar pada spesies yang tumbuh di Amerika Tengah contohnya Acacia sphaerocephala dan Afrika. Struktur duri pada tumbuhan Akasia memberikan perlindungan pada semut, dan mereka juga mendapat makanan dari getah tangkai daun tumbuhan ini, dan semut-semut tersebut juga memberikan perlindungan terhadap serangan Herbivora bagi tumbuhan ini.

Gambar Bibit Pohon Akasia Daun Lebar

Teknik Menanam Pohon Akasia Daun Lebar

Untuk memulai budidaya Akasia anda perlu untuk menguasai teknik-teknik dasar yang diperlukan untuk mendapatka hasil yang sesuai dengan harapan. Berikut adalah beberapa hal yang berpengaruh dalam proses budidaya Akasia:

  1. Pemilihan benih. Pilihlah bibit yang uggul, agar hasil optimal. Bibit unggul dapat diperoleh dengan mengubungi kami.
  2. Persemaian. Proses persemaian ini biasa dilakukan dalam polybag sebelum kemudian nantinya akan dipindahkan ke media tanah.
  3. Persiapan lahan. Persiapan lahan ini dapat dilakukan dengan menyiapkan pupuk dasar sebelum bibit ditanam.
  4. Perawatan lanjutan. Yaitu dengan proses penjarangan, merupakan proses pemangkasan cabang serta pengendalian gulma.